SELAMAT DATANG DI METEOR FOTO "Sangkan Paraneng Dumadi"

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Belajar fotografi (belajar komposisi)

Kita jangan pernah bermimpi, bahwa seorang fotografer pemula itu bisa menghasilkan foto-foto yang baik tanpa belajar mengatur komposisi. Mengapa? Karena, hanya dengan mengetahui komposisi, sebuah foto dapat ditata dengan baik. Tidak hanya itu, komposisi juga dapat dimanfaatkan untuk membentuk adanya kesan ruang.
Untuk memperoleh komposisi yang baik, kita harus memiliki kepekaan tersendiri, yang hanya bisa diperoleh dari latihan-latihan berkesinambungan secara tekun, serius dan intensif. tapi pada dasarnya mengatahui apa itu komposisi tetapi mereka tidak sadar dengan komposisi tersebut.

Untuk mendapatkan komposisi foto yang baik pandanglah sasaran/objek foto dari berbagai sudut pandangan. kalau perlu, aturlah sedemikian rupa sehingga terbentuk susunan yang menarik dan enak dipandang. Perhatikan juga latar belakang, sebab adakalanya latar belakang mempunyai andil yang cukup besar dalam hal mendukung atau malah menghancurkan objek foto. Demikian pula dengan latar depan kalau memang ada, dapat kita manfaatkan untuk batasan atau framing yang mampu menimbulkan kesan adanya ruang atau kedalaman.



Komposisi yang paling gampang adalah mudah dicerna dan mudah sampai pesannya (simple)
Komposisi paling simple adalah pasphoto karena sangat minim elemen (bisa di bayangin kan kalau kita bikin pasphoto tp gmbr orngnya di pinggir trus di belakangnya ada benda2 lain yang ga" perlu) trus ada foto portraiture tahap ini kita sudah ada elemen penunjang.(kapan2 akan saya bahas tentang potraitur)

Foto apapun yg akan kita buat jika semakin banyak elemen penunjang akan semakin rumit, untuk pembelajaran buatlah foto mudah dicerna (simple).
Obyek2 yang penuh dengan unsur desain, misal bangunan dengan warna & arsitektur yang menarik. Ini bukan yang terbaik, tapi mungkin lebih mudah dicerna untuk memulai. Kita juga bisa menyusun benda2 untuk difoto atau kita bisa memotret temen2 kita yang pada gila foto sebagai percobaan.

Di dalam foto kenapa harus ada komposisi?
Tujuannya untuk mengorganisasikan berbagai elemen foto yang berbeda  menjadi sedemikian rupa sehingga gambar tersebut menjadi suatu kesatuan yang saling mengisi, serta mendukung satu sama lainnya dan menjadi foto yang enak dipandang.


Tips untuk mendapatkan komposisi yang baik:


1.Ambil sudut pengambilan foto(angle) yang tepat, tentunya menyesuaikan tema foto yang kita ambil.
2.Berikan arahan kepada obyek yang akan foto supaya kita mendapatkan komposisi yang kita inginkan.(kayak sutradara film gitu deh!!!).
3.Tunggu moment/saat yang tepat untuk menekan tombol kamera(dilakukan jika kita mengambil gambar benda bergerak)
4.Yang ini jadi andalan para pemula yaitu perbaiki komposisi pada saat mencetak foto(zaman modern gitu lohh,...) karena peralatan fotografi sekarang banyak di dukung peralatan digital beda ama zaman pakle dulu motret pake film roll jadi skill kita bener2 menentukan hasil foto.


Oke sementara itu aj dulu, besok kita sambung lagi............. masih soal fotografi....!

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...