SELAMAT DATANG DI METEOR FOTO "Sangkan Paraneng Dumadi"

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Mengenal Fotografi

Ini postingan pertama saya kalau ada yang ga' pas tolong koreksinya, soalnya saya masih belajar blogging. Di sini saya ingin membahas tentang belajar photography (krn saya jg seorang tukang foto amatiran yg ingin berbagi dan belajar bersama teman2 senior).
Sebelum memulai belajar photographyi ada baiknya kita tau dulu apa itu photography, photography berasal dari kata photo(cahaya) dan graph(tulisan/lukisan) atau bisa kita artikan photography adalah proses menghasilkan gambar dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut.
Jadi kesimpulanya adalah photography adlah melukis dengan cahaya (wah hebat ya kalau kita bisa melukis dgn cahaya, melukis pake kuas aja amburadul apalagi pake cahaya....ckckckckck). Dan dalam hal ini(melukis) kita membutuhkan alat yang di sebut CAMERA.
Belajar fotografi bisa di bilang mudah tapi bisa dibilang sulit, kenapa? karena secara teori kita bisa belajar dalam waktu satu hari saja atau bisa kurang tapi secara praktek kita belajar fotografi ga' akan pernah selesai karena pada prinsipnya semakin sering ambil foto kita akan semakin tau kekurangan kita jadi jangan pernah malas untuk mengasah kemampuan yang kita punya.


Hal penting dalam fotografi yaitu cahaya(seperti yang kita bahas diatas) krena kalau ga' ada cahaya berarti  ga' bisa ambil gambar(foto), dalam fotografi kita bisa menggunakan cahaya alam(matahari) atau cahaya buatan(blitz) atau kita bisa menggunakan keduanya(menyesuaikan cuaca sekitar obyek) untuk mendapatkan hasil maksimal.Untuk mulai mengambil gambar(foto) hal pertama yang kita lakukan adalah membaca cahaya sekitar obyek yang akan kita ambil apakah membutuhkan pemakaian blitz atau tidak karena hasil foto sangat ditentukan oleh pencahayaan yang pas.
Hal kedua yang jg penting adalah karakteristik obyek, apakah obyek bergerak atau obyek diam karena kedua karakter obyek tersebut membutuhkan tehnik yang berbeda dalam pengambilan gambar(foto).
Sebenarnya banyak sekali hal-hal penting yang menentukan hasil gambar(foto) yang maksimal, tp itu kita bahas nanti aja deh....( takut kehabisan bahan posting...!!! ). Di sini akan saya berikan 4 yang paling dasar dalam belajar fotografi:
1.Composition : Meletakan obyek foto semenarik mungkin, setiap fotografer pasti berbeda dalam menentukan komposisi tergantung dari sense dan tentunya pengalaman sang fotografer itu sendiri.
2.Depth of Field : Menentukan ketajaman obyek, apakah akan kita buat fokus keseluruhan atau hanya bagian tertentu saja.
3.Exposure : Pencahayaan seperti yang kita bahas di atas
4.Focus : Foto bisa dibilang baik kalau foto itu fokus tp dalam design photography kadang fokus tidak menentukan baik tidaknya sebuah foto.
 Kesimpulan dari semua di atas adalah kita harus berani memulai belajar dan jangan ragu/takut untuk ambil gambar(foto) karena semakin banyak kita ambil gambar(foto) kita akan semakin hafal kondisi cahaya dan kita akan banyak mengenal karakteristik obyek.
selamat belajar...! semangat..! good luck.


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...