SELAMAT DATANG DI METEOR FOTO "Sangkan Paraneng Dumadi"

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cara Mudah mendaftar di feedsburner

Good Morning World....!
Untuk melengkapi blog ini saya akan menambah satu kategori lagi di blog saya dan semoga ini bermanfaat khususnya untuk para pemula.
Mempunyai blog merupakan sebuah kebanggaan dan keharusan untuk kalangan tertentu karena blog merupakan sarana untuk berbagi, belajar, dan juga bisnis. Membuat blog sebenarnya mudah bahkan untuk pemula yang GAPTEK (kayak saya) menurut saya sangat mudah karena kita tinggal masuk di salah satu web penyedia pembuat blog lalu kita mendaftar terus isi form, masukan code captha dan jadilah sebuah blog.
Bagian yang sulit bahkan sangat sulit menurut saya adalah saat kita ingin mempromosikan blog yang kita buat yaitu dengan cara mendaftar kedirektori blog seperti FeedBurner, Blogdigger, Technorati dll.
Disini saya ingin berbagi bagaimana cara mendaftar di salah satu Direktori Blog yaitu FeedBurner (ini saya ambil dari kejadian nyata yang saya alami). Saya harus bersusah payah untuk mendaftar di FeedBurner (maklum pemula) berkali-kali saya daftar selalu saja gagal dan selalu ada yang salah(gaptek sih..!) padahal saya sudah mengikuti semua petunjuk tutorialnya sampai saya menemukan tutorial di sini baru saya sukses mendaftarkan blog ini di FeedBurner.

Lets goooo....!

APA ITU FEEDBURNER…?
Feedburner adalah salah satu “LAYANAN GRATIS” penyedia jasa media publikasi dan audience. Layanannya berupa penyebaran content Blog dan RSS Feeds, yang memungkinkan untuk berpromosi baik secara komersil ataupun menambah profit dalam berbisnis melalui internet. Atau “sekedar” ingin mengenalkan blog Anda agar “go international” dan menambah pembaca dari seluruh dunia.
Saya rasa testimoni yang dikatakan Michael Webster dalam blognya sudah cukup mewakili, “Feedburner is an excellent way to publicize your blogsite and has many useful tools to make easier for people to access. To top it off, the customer and technical assistance they provide is absolutely top-notch.”

Oke kita langsung saja mendaftar dan mensetting blog kita ke feedburner.

LANGKAH PERTAMA

    Masuk ke situs FeedBurner, kilk di sini 
    Masukan Feed Blog Anda ke tempat yang disediakan tulisan "I’m Foodcaster" ga usah di ceklis
    Klik Next

Perhatikan gambar berikut:





Setelah klik next, Anda akan mendapat alamat feed blog Anda dari feedburner. contoh http://feeds.feedburner.com/NAMA-FEED, Anda bisa mengganti nama Feed Title (judul feed) dan Alamat Feed yang diberi underline tersebut sesuai keinginan atau membiarkan saja sesuai yang diberi feedburner, contoh seperti terlihat nama feed Hakimtea pada gambar di bawah ini:





LANGKAH KEDUA
Daftarkan feed Anda dengan mengisi form yang disediakan, perhatikan gambar di atas,

    username: Nama untuk Anda sig in (masuk ke feedburner nanti)
    password: katasandi yang tentu saja tidak boleh ada yg tahu selain Anda
    password (again): katasandi yg sama seperti di atas
    email address: alamat email yang aktif

Kalo semua sudah, klik “Activate Feed” dan akan melihat halaman baru seperti gambar berikut ini, (dengan catatan nama feed Anda belum ada yg menggunakan):




Jangan klik “Skip directly to feed management” seperti pada gambar di atas, ikuti dulu langkah ketiga berikut ini,
LANGKAH KETIGA

Ubah arah feed blogger Anda ke Feedburner! Caranya, copy URL feedburner Anda (warna biru) seperti pada gambar di atas lalu pastekan di pengaturan feed blogger Anda. Caranya, login dulu ke account blogger lalu klik PENGATURAN > FEED SITUS dan paste feed dari feedburner ke tempat yang disediakan “Posting URL Pengubahan Arah Feed” perhatikan gambar berikut ini:




Klik SAVE “Simpan Pengaturan”Sebelum menginjak kepada LANGKAH KEEMPAT sebagai langkah “bonus” saya ingin mengucapkan “SELAMAT....!” feed blog Anda telah terdaftar dan di arahkan ke feedburner dan siap-siap dapat traffic banyak. Sejauh ini berarti Anda telah daftar dan mensetting feed blog Anda ke Feed burner sesuai judul postingan ini.
LANGKAH KEEMPAT

Sebagai bonus, kembali ke langkah kedua di atas lalu klik “Skip directly to feed management” untuk langsung menuju ke manajement/pengaturan feed Anda di feedbuner. Kenapa klik “Skip directly to feed management” tidak “Next” karena next akan mengarahkan kita ke “Enhance Your Stats” yang artinya Anda akan mengurus masalah traffic statistik blog Anda agar bisa “melihat” pengunjung blog berasal dari mana dan lewat mana dan hal ini bisa Anda lakukan juga nanti setelah Anda masuk “Skip directly to feed management”. Oke, klik “Skip directly to feed management” dan Anda akan melihat halaman baru sepeti screenshoot berikut ini:



Kita perhatikan setidaknya ada 5 tool utama yang disediakan feedburner untuk Anda, (tidak akan saya jelaskan semuanya karena terlalu banyak, sisanya silahkan nanti pelajari sendiri)

Analyze:
Berisi, Feed statistic, Site Statistic, dan Headline Animator sedangkan FeedBurner Stats PRO paling  bawah sama dengan Site Statistic jika Anda nanti mengaktifkannya.
 Nah Site Stats ini yang di atas saya bilang tidak mengklik next tapi langsung ke “Skip directly to feed management” 
Optimize: 
Berisi banyak sekali tool yang bisa Anda pelajari nanti, diantaranya adalah Summary Burner dan Amazon ID Burner.
Summary Burner bisa Anda aktifkan setelah Anda mengaktifkan layanan berlangganan (subscribe) via email kepada pengunjung blog Anda dan melalui Summary Burner ini Anda bisa sedikit bermain “strategi” mempersingkat isi posting blog Anda melalui kiriman email tersebut agar pengunjung Anda penasaran dan membaca lebih jauh isi postingan di Blog Anda. (bukan curang lho tapi strategi bisnis) dan saya sarankan hanya digunakan untuk blog beradsense untuk blog personal sebaiknya tidak usah mengaktifkan tool ini.
Publicize:
Diantaranya ada Headline Animator yang biasa digunakan para blogger yang terdaftar di feedburner contohnya headline animator saya di bagian paling atas menampilkan 5 judul postingan terbaru secara bergantian judul.
Lalu ada juga “Email Subscriptions” tool bagi Anda untuk menawarkan jasa berlangganan via email seperti pada tool OptimIze di atas sebelum mengaktifkan Summary Burner Anda harus mengaktifkan “tawaran” berlangganan via email ini pada pengunjung blog Anda.
Ada juga “FeedCount” sebuah widget untuk menunjukkan kepada pengunjung blog Anda sudah berapa banyak pembaca blog Anda yang berlangganan; baik melalui feed ataupun via email. Contohnya FeedCount di atas. Untuk yang Lain2, silahkan pelajari sendiri nanti.
Monetize: 
Bahasa Indonesia yang mudah untuk monetize adalah “menguangkan” atau “mencairkan” *CMIIW* nah jika Anda bekerja sama dengan google adsense maka tool ini bisa Anda pergunakan. Caranya nanti berhubungan dengan edit html blog Anda. Jangan khawatir mudah ko. Setelah Anda ikuti petunjuknya nanti, maka iklan adsense akan muncul di bawah postingan pertama blog Anda.
Troubleshootize: 
Dari namanya saja sudah jelas apa yang terbayang kan! Yupz jika Anda punya masalah dengan account feedburner Anda klik saja tool tersebut dan ada forumnya juga untuk menyampaikan keluh kesah dsbnya. Lagian jika Anda mengklik tool ini maka tampilan pertama kata-kata sambutannya lucu “Oh Dear, What Kind of Trouble?”
Oke....! "sekali lagi" sebagai “bonus” saya akan memandu untuk memasang 3 widget feedburner pada blog Anda. [1] Email Subscriptions, [2] Headline Animator, dan [3] FeedCount yang kesemuanya ada di tool “Publicize”

1. Memasang Email Subscriptions Feedburner

Untuk mengaktifkan penawaran berlangganan via email kepada pengunjung blog Anda, klik Publicize >Email Subscriptions. ada tiga pilihan penggunaan layanan kiriman email yaitu [1] lewat FeedBurner, [2] FeedBlitz, dan [3] Rmail. Untuk memudahkan biarkan saja pada pilihan standar yaitu melalui FeedBurner. Lalu klik Activate. Ada dua pilihan widget, [1] menyimpan “widget form” berlangganan (subscribe) via email pada page element blog Anda, atau [2] Tekslink yang akan memunculkan popup windows. Katakan saja Anda memilih “widget form” ada dua cara yang bisa Anda lakukan [1] mengcopy paste kode paling atas yang ditunjukkan atau [2] menggunakan fasilitas import halaman “Use as a widget in” dan Anda tinggal memilih digunakan pada blog apa? TypePad, TypePad (Japan) atau Blogger. Pilih blogger jika Anda menggunakan layanan blogger dan klik “GO” lalu ikuti petunjuknya yg mudah.

Lalu Anda bisa mengatur komunikasi email dengan pelanggan Anda, jika blog Anda menggunakan bahasa Indonesia maka komunikasi email atau “Communication Preferences” ini bisa Anda setting dengan bahasa Indonesia. Caranya masih di “Email Subscriptions” pilih “Communication Preferences”. Ada tiga Communication Preferences yang bisa Anda atur; [1] Email “From” Address: menampilkan alamat email Anda sebagai pengirim posting via email. [2] Confirmation Email Subject: Berisi judul email, contoh yang disediakan feedburner “Activate your Email Subscription to: MY-BLOG” Anda bisa menggantinya dengan yang Anda mau, misalkan “Aktifkan email Anda untuk berlangganan blog kami” [3] Confirmation Email Body: Email konfirmasi, silahkan Anda perhatikan dan atur sesuai keinginan Anda berkomunikasi dengan pelanggan baru yang hendak berlangganan postingan blog Anda. Sedangkan untuk waktu pengiriman Anda bisa mengaturnya di “Delivery Options”

Selamat Anda sudah mempunyai widget email Subscriptions :)

2. Memasang Headline Animator Feedburner

Masih di “Publicize” klik Headline Animator. Lihat pada form “Create a New Headline Animator” ada pilih ukuran dan bentuk headline animator pada “Theme” Title di ceklist jika ingin menampilkan nama blog Anda. Warna dan tanggal silahkan di atur pada form masing-masing. Kalo sudah lihat dulu previewnya di bagian bawah, jika sudah merasa cocok dan ukurannya sesuai dengan sidebar blog Anda klik “Activate” kembali Anda akan melihat preview yang sengaja diperlihatkan feedburner, lalu pada “Add to MySpace, TypePad, etc.” pilih Blogger Blog dan klik next, akan muncul window baru dan klik Add to Blogger lalu ikuti petunjuk selanjutnya yang mudah.

Selamat Anda sudah mempunyai widget Headline Animator :)

3. Memasang FeedCount (Chicklet) Feedburner

Masih di “Publicize” klik “FeedCount” ada dua pilihan Chicklet; Statis dan Animated. Silahkan pilih berdasarkan selera Anda lalu pilih juga warna body dan textnya. Kalo sudah klik “Activate” Feedburner akan memperlihatkan preview Chicklet Anda (Your Chicklet). Untuk memasangnya pada blog Anda ada dua pilihan, [1] copy kode html yang disediakan atau [2] menggunakan layanan import “Use as a widget in” lalu pilih blog yang Anda gunakan, pilih blogger jika menggunakan blogger dan klik “GO” tunggu sebentar, lalu ikuti petunjuknya yang mudah.

Selamat Anda sudah mempunyai widget Headline Animator :)

Demikian cara mendaftar dan setting feed blog Anda ke feedburner dan bonus memasang 3 widget dari feedburner.
Selamat mencoba semoga bermanfaat..! Never yield before fight!!!!

Sumber Post: Klik disini

1 komentar:

bocah mengatakan... Reply Comment

infonya sangat membantu gan, terima kasih!

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...