SELAMAT DATANG DI METEOR FOTO "Sangkan Paraneng Dumadi"

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Dasar-dasar Olah Digital

Pada postingan kali ini kita akan membahas dasa-dasar mengolah foto/gambar di photoshop dan semoga bermanfaat, dalam olah digital(oldig) menurut saya inilah yang paling dasar.
Materi postingan ini saya ambil dari blog ini.
Seperti membuat kliping, kira-kira memang seperti itulah yang dilakukan saat kita mengolah foto/gambar dengan photoshop. Tapi bukan “kliping”  nama makanan(kripik), atau orang manggut2 kepalanya. Seperti kliping disini yang saya maksudkan adalah menempelkan gambar di kertas lain, baik kertas kosong ataupun bergambar. Jadi saat kita mengolah gambar dengan photoshop, ada sebuah prinsip yang sebaiknya kita punyai. Prinsip tersebut adalah:

    "Jangan menganggap bahwa gambar tersebut berada di monitor komputer dan susah dirubah-rubah. Anggaplah bahwa gambar tersebut sebuah kertas yang gampang dipotong-potong, ditempelkan lagi."



Sebagai contoh, saya mempunyai dua buah gambar. Yang satu foto saya sendiri, yang kedua gambar pemandangan yang akan kita jadikan baground.















cikidot........!!!
Yang pertama buka aplikasi photoshop (jangan buka tutup panci ya ntar yang keluar sotosop....hehehee..) lalu open image klik menu file>open atau klik 2x pada layar tampilan photoshop, pilih foto/gambar yang akan di edit.
 Kemudian drag fotogambar kita ke foto/gambar pemandangan/baground dengan menggunakan MoveTool
lihat gambar di bawah:













dan hasilnya seprti ini:
















tempatkan posisi foto kita sesuai keinginan, bagian yang terseleksi ini yang akan kita gunting/buang/hapus.

Ingat dengan tulisan saya yang diatas, anggaplah dua gambar tersebut adalah sebuah kertas yang bisa Anda gunting, di potong-potong dan bisa di tempelkan lagi.

Andaikan foto tersebut sebuah kertas, tentu akan kita gunting kemudian kita tempelkan pada gambar pemandangan bukan? Dengan metode yang hampir sama akan kita lakukan menggunakan photoshop. Foto tersebut kita “gunting” *) kemudian ditempelkan pada gambar pemandangan menggunakan “lem” *).

    *) Gunting disini yang saya maksudkan adalah tools untuk melakukan seleksi, misalnya lasso, magic wand, marque, pen tool, layer mask, dan lain-lainnya. “Gunting” bisa bermacam-macam, yang lebih rumit adalah bagaimana cara menggunting yang bagus dan jenis gunting apa yang cocok digunakan. Contohnya kita tidak akan menggunting kain dengan gunting seng, begitu juga sebaliknya.
    *) Lem yang saya maksudkan adalah Menu Layer > Flatten Image.

Dalam contoh gambar diatas, saya menggunakan lasso tool untuk “menggunting” foto tersebut.
Berikut ini adalah foto yang sudah kita gunting:














Rapihkan bagian foto yang terpotong dengan eraser tool.

Letak foto masih bisa digeser-geser karena belum “dilem”. Perubahan gambar yang kita lakukan juga tidak akan mempengaruhi gambar-gambar yang lain, karena gambar ini terletak dalam layer yang berbeda. Untuk mengetahui tentang layer-nya, bisa dilihat pada palet layer. Letak palet ini ada di sudut kiri bawah tampilan program Photoshop:

Dalam gambar dibawah ini, bisa dilihat bahwa ada dua buah layer.




















Layer yang pertama adalah foto yang sudah digunting, sedangkan layer yang kedua adalah gambar pemandangan. Layer yang berada di atas akan menutupi layer yang berada di bawahnya.Dalam sebuah file yang kita kerjakan dengan Photoshop, bisa lebih dari dua layer, kita bisa menggunakan banyak layer sekaligus.
Jika proses edit sudah dianggap cukup atau sudah selesai gabungkan foto/gambar dengan cara memilih menu Layer > Flatten Image atau Marge Visible. Tentang palet Layer pernah saya bahas di sini.

Hasil edit di atas masih bisa kita modifikasi lagi seperrti ini:














atau seperti ini:














dan ini:













Selamat mencoba dan selamat berkarya........!!
Inspirate Blog: http://mbahdewo.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...