SELAMAT DATANG DI METEOR FOTO "Sangkan Paraneng Dumadi"

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Belajar Photoshop (MoveTool & Croop Tool )

Postingan kali ini kita akan mengulas tentang Move Tools & Croop Tool

Move Tool

Move Tools adalah sebuah tool pada photoshop yang sering digunakan untuk memilih layer dan menggeser ataupun mengubah letak layer. Ada beberapa pengaturan yang bisa kita lakukan saat menggunakan tool ini.

Move tool pada toolboxnya photoshop image setting atau pengaturan default pada program photoshop untuk move tool adalah tidak aktif. Sehingga saat kita melakukan klik pada sebuah layer maka layer tersebut tidak langsung terpilih atau aktif. Jika kita  ingin memilih sebuah layer dengan move tool dan layernya bisa langsung aktif maka kita harus aktifkan dulu Auto Select pada option bar. Juga aktifkan Show Transform Control. Pilihan ini untuk memunculkan atau tidaknya kotak pada layer yang aktif.
Option bar pada move tool:















Beri tanda ceklis pada Auto Select dan Show Trnsform Control untuk mengaktifkan Bounding box.

Move tool juga berguna untuk mengubah ukuran layer dengan cara klik Edit > Free Transform kemudian klik tahan pada pinggiran kotak transform tersebut dan geser untuk mendapat ukuran layer yang kita inginkan dan jika kita ingin layer berubah dengan bentuk yang sama maka lakukan dengan cara tekan Shift + Ctrl dan klik tahan sudut kotak Transform Control dan gerakan sesuai keinginan.

Catatan:
    Pada Photoshop versi CS, jika ingin memilih sebuah layer dengan move tool, saat pilihan Auto Select tidak aktif bisa dengan sambil menekan tombol Ctrl saat memilih layer tersebut dengan move tool. Kalo ingin memilih banyak layer sekaligus, kliknya sambil menekan Ctrl + Shift.
    Sedangkan pada Photoshop CS2&3 terdapat tambahan pilihan yaitu Auto Select Group. Pilihan ini fungsinya untuk memilih banyak layer sekaligus, cara untuk memilih layer bisa juga dengan cara melakukan drag pada bidang gambar apabila pilihan ini dalam kondisi aktif/terpilih.

Croop Tool

Crop tool adalah sebuah tool pada photoshop yang bisa digunakan untuk memotong sebagian dari gambar. Gambar hasil potongan jadi adalah sebuah gambar yang ukurannya lebih kecil dari gambar semula, dengan resolusi yang sama.Namun tidak selalu seperti itu crop tool bisa digunakan untuk memotong gambar dengan ukuran yang sudah ditentukan baik dalam ukuran panjang/lebarnya mapun resolusinya.

Cara melakukan croop adalah dengan melakukan pengaturan pada option bar.
berikut ini option bar pada croop tool:















Isikanlah angka pada kotak width, height, dan resolution berikut dengan satuannya, misalnya: px, cm, in, dan lain-lainnya.

Tombol Front Image digunakan untuk mengatur agar ukuran crop tool sesuai dengan ukuran file yang sedang diaktifkan.

Berikut ini adalah ukuran standar cetak foto yang sangat sering di gunakan (dalam ukuran cm). Jika foto yang kita croop tujuannya untuk dicetak, maka resolusinya adalah 300 dpi.

    1R = 4,06 cm x 6,04 cm                  untuk ukuran pasphoto:
    2R = 5,96 cm x 8,96 cm                  2 x 3 = 2 cm x 2,8 cm
    3R = 8,8 cm x 12,7 cm                    3 x 4 = 2,96 cm x 3,97 cm
    4R = 10,2 cm x 15,2 cm                  4 x 6 = 3,8 cm x 5,5 cm
    5R = 13 cm x 18 cm
    10R = 20 cm x 25 cm
    11R = 21 cm x 29,7 cm
    12R = 25 cm x 30 cm
    14R = 28 cm x 35 cm
    16R = 30 cm x 40 cm
    20R = 40 cm x 50 cm
    24R = 50 cm x 60 cm
   

Simpan ukuran kedalam croop tool agar kita tidak selalu mensetting ulang saat di butuhkan.
setelah kita memasukan angka ukuran croop lalu klik pada option bar crooptool maka akan tampil layar seperti ini:























Kemudian lakukan langkah selanjutnya seperti gambar di bawah:























Lalu klik New Tool Preset maka akan tampil layar seperti ini:


















Isi kolom Name sesuai ukuran yang kita buat misalnya: 3R, 4R dll, lalu klik Oke maka ukuran yang kita buat tadi sudah tersimpan dalam croop tool dan jika butuhkan kita tinggal  klik croop tool > option bar croop tool dan cari nama ukuran yang sudah di simpan.

Tapi sebenarnya saat ini sudah ada plug in untuk croop tool, cukup kita masukan saja plug in croop ke dalam photoshop maka saat kita klik croop tool akan muncul berbagai macam ukuran dan kita tinggal pilih mana yang kita butuhkan.
Goodluck........ selamat belajar,,...!!

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...